Rabu, 29 April 2015

Jaket Motor Dilengkapi Pengaman Airbag

Roda Botak - Produsen sepeda motor premium BMW Motorrad mengikuti langkah Ducati membuat jaket yang berfungsi sebagai airbag. Jika Ducati bekerja sama dengan Dainese, maka BMW menggandeng Alpinestars.

Seperti dikutip dari Motorcycle.com, nantinya jaket airbag BMW-Alpinestars tidak hanya tersedia bagi pria, namun juga perempuan. Peluncuran direncanakan dilaksanakan tahun ini.

Cara kerja jaket airbag, baik pada produk Dainese (D-Air System) maupun Alpinestars (Tech Air), cukup mirip. Bedanya, untuk Ducati, sensor diletakkan di motor (khusus model Multisrada), sedangkan BMW, sensor berada di jaket. Keunggulan jika sensor dipasang di jaket, ia bisa bekerja pada sepeda motor merek apa pun.

Sensor, baik di motor maupun jaket, mampu mendeteksi jika pengendara mengalami kecelakaan. Secara otomatis jaket akan mengembang untuk meminimalisasi potensi cedera pada pengendara.

Alpnestars menyatakan sensor pada produknya bisa mendeteksi kecelakaan 30 sampai 60 milisecond setelah kejadian dan airbag bekerja secara penuh 25 milisecond setelahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar