Rabu, 29 April 2015

Penyebab Kopling Motor Menjadi Keras

Roda Botak - Motor sport dan motor bebek masih mengandalkan sistem transmisi manual untuk menyalurkan tenaga mesin ke penggerak roda. Ada kalanya gir atau transmisi tak bekerja maksimal, seperti terjadi keras dan selip kopling.

Pemilik bengkel modifikasi Chemonk Modified, Andri Irwan, menerangkan, ketika gir keras atau terjadi selip kopling biasanya pengendara merasa ada jeda saat proses pemindahan dari percepatan satu ke berikutnya.

“Penyebabnya kampas kopling habis, itu yang paling pasti. Selain itu, pelat geseknya sudah menipis atau setelan kopling terlalu jauh sehingga menahan kopling terus. Untuk gir jarang sekali yang bermasalah," ujarnya.

Penyebab lain, tambahnya, oli sudah lama tidak diganti atau tidak sesuai spesifikasi mesin.

Ia menambahkan, sebenarnya selip kopling tidak terlalu berdampak fatal karena 'kuda besi' bisa tetap dikemudikan. Namun, hal tersebut akan mengganggu pengendara, terlebih tipe pengemudi yang agresif, karena tarikan motor tidak akan maksimal.

“Motor tetap bisa dipakai berjalan. Jadi kalau menurut saya pertolongan pertamanya coba ubah setelan kopling. Terus bawa ke bengkel langganan atau resmi untuk pengecekan dan penggantian pelat kopling,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar