Minggu, 12 April 2015

Inikah Wujud Baby Satria FU 115 Cc?

RodaBotak - Sepeda motor Suzuki terbaru yang santer disebut Baby Satria FU kabarnya tengah dikembangkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Desainnya dipastikan mirip Satria FU namun dengan spesifikasi mesin yang diturunkan.

Berdasarkan penelusuran di berbagai laman blog otomotif Tanah Air, telah beredar gambar sepeda motor Suzuki yang disebut-sebut sebagai Baby Satria FU. Gambar itu tersebar bersama foto surat undangan untuk para mekanik agar menghadiri pelatihan servis produk terbaru itu.

Pakar otomotif, Iwan Banaran, dalam lamannya, Rabu (7/4/2015), menyebutkan produk terbaru SIS itu diberi kode FJ115 FI. Dari kode tersebut, dapat ditarik kesimpulan mesin yang digunakan berkapasitas 115 cc dengan teknologi fuel injection.

Spesifikasi itu sangat mirip dengan Suzuki Raider 115 yang beberapa tahun belakangan sudah beredar di Vietnam.

Sumber tepercaya Iwan dari kalangan SIS bahkan menyebutkan sepeda motor terbaru itu memakai mesin yang sama persis dengan mesin Suzuki Shooter. Hanya, SIS akan melakukan beberapa setelan dalam beberapa bagian agar performanya lebih mengentak.

“Mesin sama dengan Shooter 115, cuma ada sedikit ubahan,” kata dia.

Seperti diketahui, Suzuki Shooter menggunakan mesin empat tak satu silinder SOHC yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 9,2 hp pada putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak 9,10 Nm pada 6.500 rpm.

Jika melihat spesifikasi tersebut, tentu tenaga yang dihasilkan akan jauh berbeda dari Suzuki Satria FU. Mesin yang digunakan sepeda motor terlaris SIS itu telah mengusung mesin 150 cc berteknologi DOHC. Untuk memaksimalkan performanya, SIS juga sengaja belum membenamkan teknologi fuel injection pada sepeda motor “ayam jago” itu.

Dari gambar yang beredar, tampak lampu depan produk terbaru SIS FJ115 FI memiliki lampu depan yang mirip dengan generasi pertama Satria FU. Namun satu hal yang paling menarik perhatian adalah suspensi belakang yang ternyata masih menggunakan dual shockbreaker.

Meski gambar sepeda motor Suzuki dengan kode FJ115 FI Baby Satria FU telah beredar luas, belum ada tanggapan resmi dari pihak SIS. Namun jika melihat gelagat Suzuki yang telah melakukan training kepada para mekaniknya, diprediksi produk itu meluncur sekitar satu hingga dua bulan mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar