Jumat, 27 Maret 2015

Suzuki V-Strom 1000 Menggunakan Teknologi VVT?

Roda Botak - Pabrikan kendaraan roda dua, Suzuki, dikabarkan sedang meriset mesin terbaru untuk V-Strom 1000. Rencananya kuda besi tersebut akan dipasangkan mesin berteknologi variable valve timing (VVT).

Mengutip dari laman Autoevolution, pabrikan asal Hamamatsu, Jepang tersebut sebenarnya sudah tertarik dengan teknologi ini sejak 2004. Bahkan Suzuki telah membuat paten wave-shaped cam shaft dengan desain khusus yang beraksi sesuai dengan proses buka-tutup katup.

Suzuki baru kembali serius mengerjakan proyek ini setelah melihat keberhasilan Ducati. Pabrikan asal Italia tersebut ternyata sukses di pasaran dengan mesin motor yang dilengkapi dengan VVT.

Berdasarkan sumber terpercaya dari Suzuki, keuntungan penggunaan VVT pada mesin motor adalah memacu kinerja mesin secara konstan sesuai dengan putaran dan kinerja buka-tutupthrottle. Selain itu, disebutkan pula teknologi ini sanggup meningkatkan kekuatan mesin sampai 6 persen dan menghemat bahan bakar hingga 20 persen.

Belum dipastikan kapan mesin ini akan disematkan pada V-Strom 1000. Mari dinantikan saja sepak terjang Suzuki dalam mengembangkan mesin tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar