Senin, 01 Juni 2015

Siswa SMK Rakit Sepeda Motor Tenaga Elpiji

Roda Botak - Siswa SMK Bumi Phala (Mipha) Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, mampu merakit sepeda motor dengan bahan bakar gas elpiji. Hasilnya satu tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram dapat untuk menempuh jarak hingga 200 kilometer.

Seorang siswa SMK Bumi Phala Kelas XI Fahmi Ferdiyanto (16) mengatakan dibutuhkan waktu 3 bulan hingga inovasinya tersebut berhasil. "Dibutuhkan ketelitian dalam berinovasi," katanya belum lama ini.

Dikatakan, perakitan dan inovasi sudah dimulai sejak Febuari lalu. Kendala, inovasi diantaranya pada regulator dan komposisi tempat tabung. Disampaikan, untuk merakit sepeda motor berbahan bakar gas elpiji ini, bersama dua rekannya yakni Muhammad Abdul Gofar dan Slamet Syaifudin dengan bimbingan guru yakni Fery Dwi Harmoko.

Inovasi itu tidak mengubah total suku cadang (onderdil), melainkan hanya mengubah beberapa komponen suku cadang saja, diantaranya memodifikasi regulator tabung gas elpiji atau converter gas, karburator, tabung gas elpiji, dan kabel regulator.

“Converter gas ini nantinya difungsikan untuk mengukur gas dan penyeimbangkan angin yang masuk ke karburator,” katanya.

Gofar membandingkan, dengan menggunakan gas elipiji ukuran 3 kilogram pada sepeda motor empat langkah 100 cc, mampu menempuh jarak sekira 200 km, sementara itu jika menggunakan premium hanya mampu menempuh jarak sekira 1.00 km untuk tiga liter premium.

“Keuntungannya lebih irit dari BBM premium, kami sudah lakukan uji coba,” katanya.

Slamet Syaifudin menambahkan, keuntungan sepeda motor tenaga gas elpiji ini, emisi yang keluar dari pembakaran sepeda motor juga lebih ramah lingkungan, dan bisa dipastikan lebih aman dan tidak akan meledak saat digunakan berkendara.

Sementara itu Fery Dwi Harmoko menambahkan biaya untuk inovasi sepeda motor berbahan gas elpiji ini kurang lebih Rp800 ribu. Biaya itu untuk tiga sepeda motor yang digunakan untuk praktik langsung.

"Biaya inovasi satu sepeda motor sekira Rp250 ribu, jelas ini terjangkau bagi pemilik sepeda motor,” terangnya sembil menambahkan hasil kreasi siswa tersebut sudah dicoba mutar-mutar Temanggung dengan berbagai medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar