Rabu, 08 April 2015

Tips Mengganti Lampu Motor

Roda Botak - Peran lampu atau headlamp pada sepeda motor adalah membantu visual pengendara terutama pada malam hari. Namun jika salah dalam pemasangan bisa mengganggu bahkan mencelakakan pengendara lain.

Dibutuhkan kepedulian serta kepekaan pengendara dalam memilih dan memasang lampu, sehingga tidak merugikan orang lain.

Pakar automotif, Bebin Djuana, memberikan tips sederhana dalam memilih lampu motor;

1. Pilihlah lampu yang terang, namun jangan sampai menyilaukan. Tidak ada salahnya bertanya kepada penjual meski secara umum lampu motor yang dipasarkan sudah standar.

2. Biasakan membeli lampu motor menjelang senja, supaya diketahui persis warna, terang, jangkauan, dan fokusnya. Lebar sudut cahaya juga harus sama dengan pandangan mata. Tidak disarankan mengganti lampu baru di siang hari atau di tempat sempit.

Saat mengganti lampu lama dengan baru terkadang kita dihadapkan pada permasalahan sudut pencahayaan yang tidak sama. Untuk mengetes apakah sudut pencahayaan sudah tepat atau tidak, maka perlu diketahui sudut penerangan lampu yang lama. Nyalakan lampu dan perhatikan serta ingat kadar cahaya, fokus, dan lebar sudutnya. Untuk memudahkan kita dalam mengingatnya, jangan ubah posisi motor.

Setelah itu, ganti dengan lampu baru sambil dipastikan posisi motor atau setang tidak bergeser. Setelah diganti dengan yang baru, lakukan pengujian ulang seperti tadi. Selain menguji ketepatan sudut pencahayaan, cara ini juga membantu pengendara untuk mengetahui kualitas lampu yang baru dibeli.

Dengan memasang lampu dengan sudut pencahayaan yang tepat maka kita tidak akan mengganggu visual pengendara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar