Kamis, 16 April 2015

Petronas FP1, Sepeda Motor Nasional Malaysia yang Terlupakan

Roda Botak - Petronas ternyata selain memproduksi minyak juga pernah memproduksi sebuah motor balap. Perusahaan yang bergerak dibidang perminyakan tersebut pernah merilis FP1 pada tahun 2003.

Motor balap ini merupakan hasil buah tangan dan kerja sama Petronas dan Tim Sauber yang berlaga di ajang Formula One (F1). Awalnya FP1 sendiri dipersiapkan untuk berkompetisi di ajang MotoGP, namun Petronas mengubah rencana tersebut dan mempersiapkan FP1 untuk berlaga di Superbike World Championship.

Untuk urusan dapur pacu, Petronas menyematkan mesin berkapasitas 900cc berkonfigurasi tiga silinder. Mesin tersebut di klaim mampu hasilkan 255 daya kuda dan torsi sebesar 107 Nm yang dilontarkan ke roda melalui enam percepatan transmisi.

Sedangkan pada sisi keamanan pengendara, Tim Sauber memasangkan dual disk brake berukuran 320 mm dengan empat kaliper di bagian depan dan 220 mm dengan dua kaliper pada bagian belakang.

Proyek berlaga di Superbike akhirnya terwujud, Petronas sempat bekerja sama dengan Carl Fogarty. Tetapi FP1 tidak banyak berbicara di ajang tersebut lantaran kalah bersaing dengan pabrikan asal Jepang lainnya. Akhirnya tahun 2006, Perusahaan minyak asal Malaysia tersebut menghentikan proyek FP1 sekaligus menghentikan proyek pengembangan motor balap tersebut.

Meski motor FP1 dibuat untuk berlaga di ajang balap, Petronas pun sempat memproduksinya untuk umum sebagai syarat untuk mengikuti ajang balap WSBK. FP1 diproduksi secara terbatas, hanya 150 unit dan disediakan dalam berbagai warna. Totalnya terdapat 100 unit yang tersebar di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar