Jumat, 24 April 2015

Bosch Kembangkan Teknologi Anti Jatuh pada Motor

Roda Botak - Bosch memperkenalkan teknologi baru yang dapat mencegah motor jatuh. Teknologi yang dinamakan Bosch Motorcycle Stability Control System (MSC) diklaim mampu "memperbaiki" kesalahan pengendara sehingga motor tidak jatuh.

Teknologi ini sudah ditempatkan di superbike Ducati 1299 Panigale dan motor trail KTM 1190, dan sebagian dari motor BMW juga menggunakan teknologi ini.

Frank Sgambati, direktur pemasaran dan invoasi produk Bosch Amerika Utara mengatakan teknologi ini tidak akan mengganggu kenyamanan berkendara. "MSC hanya akan bekerja dalam kondisi panik".

Teknologi ini pada prinsipnya menyempurnakan cara kerja ABS (Anti-lock Braking System) pada motor-motor yang dilengkapi ABS. Sensor MSC bekerjasama dengan modul ABS sehingga komputer dapat mengetahui derajat kemiringan motor dan apakah motor mengarah ke atas (tilt) akibat akselerasi atau "menungging" akibat pengereman.

Jika ban depan terkunci maka motor kemungkinan akan jatuh dan bisa hilang kendali jika ban belakang terkunci. Modul ABS Bosch berfungsi untuk mencegah dua hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar